Widget HTML Atas


4 Hal penting tentang Industri 4.0 yang perlu kamu ketahui

Transformasi Digital pada Industri 4.0


1. Apakah Industri 4.0

Industri 4.0 adalah tren otomatisasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif. Industri 4.0 menghasilkan "pabrik cerdas" di mana sistem siber-fisik mengawasi proses fisik, menciptakan salinan dunia fisik secara virtual, dan membuat keputusan yang tidak terpusat. Lewat Internet untuk segala (IoT), sistem siber-fisik berkomunikasi dan bekerja sama dengan satu sama lain dan manusia secara bersamaan². Lewat komputasi awan, layanan internal dan lintas organisasi disediakan dan dimanfaatkan oleh berbagai pihak di dalam rantai nilai.

2. Darimana Industri 4.0 berasal?

Industri 4.0 berasal dari Jerman, yang merupakan negara pencetus Industri 4.0. Istilah "Industrie 4.0" berasal dari sebuah proyek dalam strategi teknologi canggih pemerintah Jerman yang mengutamakan komputerisasi pabrik. Istilah "Industrie 4.0" diangkat kembali di Hannover Fair tahun 2011. Industri 4.0 adalah tren utama di dunia industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi siber.

3. 6 Prinsip Desain dari Industri 4.0

1. Interoperabilitas: Kemampuan mesin, perangkat, sensor, dan manusia untuk berhubungan dan berkomunikasi dengan satu sama lain melalui Internet untuk segala (IoT) atau Internet untuk khalayak (IoP).

2. Virtualisasi: Kemampuan sistem informasi untuk menciptakan salinan dunia fisik secara virtual dengan memperkaya model pabrik digital dengan data sensor.

3. Desentralisasi: Kemampuan sistem siber-fisik untuk membuat keputusan sendiri dan melakukan tugas semandiri mungkin.

4. Kemampuan Real Time: Kemampuan untuk mengumpulkan dan menganalisis data serta memberikan respons secara real time.

5. Berorientasi Layanan: Penyediaan layanan internal dan lintas organisasi melalui komputasi awan.

6. Bersifat Modular: Fleksibilitas dalam adaptasi terhadap perubahan kebutuhan produksi dengan menambah, mengganti, atau memperluas modul individu.

4. Apakah itu RAMI 4.0

RAMI 4.0 adalah singkatan dari Reference Architecture Model Industrie 4.0, yang dikembangkan oleh Asosiasi Produsen Listrik dan Elektronik Jerman (ZVEI) untuk mendukung inisiatif Industri 4.0. RAMI 4.0 adalah peta tiga dimensi yang menunjukkan cara pendekatan penerapan Industri 4.0 secara terstruktur. Tujuan utama dari RAMI 4.0 adalah untuk memastikan bahwa semua peserta yang terlibat dalam diskusi dan kegiatan Industri 4.0 memiliki kerangka kerja yang sama untuk memahami satu sama lain.

RAMI 4.0 mendefinisikan arsitektur berorientasi layanan (SOA) di mana komponen aplikasi memberikan layanan kepada komponen lain melalui protokol komunikasi melalui jaringan. Prinsip dasar SOA adalah independen dari vendor, produk, dan teknologi.