Widget HTML Atas


Pentingnya Internet Exchange Point (IXP) dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Jaringan Internet

Internet Exchange Point (IXP) merupakan lokasi fisik dimana penyedia jaringan seperti Internet Service Provider (ISP) dan Content Delivery Network (CDN) terhubung satu sama lain. Dengan adanya IXP, penyedia jaringan dapat berbagi transit di luar jaringan mereka sendiri untuk mempersingkat jalur mereka ke transit yang datang dari penyedia jaringan lain yang berpartisipasi. IXP ini juga bisa mengurangi latensi dan meningkatkan round-trip time (RTT) sehingga bisa meningkatkan efisiensi dan efektivitas jaringan internet.

IXP sendiri adalah "sakelar" jaringan yang bisa menghubungkan lalu lintas antar jaringan anggota yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Analoginya seperti kurir pengiriman paket yang bertemu secara langsung di suatu tempat untuk membagikan paket tersebut tanpa melalui kurir pengiriman paket pihak ketiga. Hal ini akan menghemat biaya dan prosesnya akan lebih cepat.

Secara teknis, IXP adalah LAN Layer 2 yang sangat besar dan dibangun dengan satu atau banyak switch ethernet yang saling terhubung dalam satu atau lebih bangunan fisik. Pada konsep dasarnya, IXP tidak berbeda dengan jaringan rumah, satu-satunya perbedaan nyata adalah skala, baik dari jumlah switch maupun trafikc yang melintas, dimana IXP bisa terdiri dari ratusan atau bahkan ribuan port ethernet dan trafiknya bisa mencapai Terabit/detik.

IXP juga memberikan layanan dasar L2 IXP dan layanan L3 IXP atau peering dalam Layer 3 (network) dalam model jaringan OSI. Dengan adanya Route Server, penyedia jaringan yang berpartisipasi tidak perlu melakukan "direct" peering dengan penyedia jaringan yang lain sehingga proses pembentukan peering dan kontrol akan lebih efisien. Sebagian IXP besar juga menyediakan layanan tambahan seperti Route Collector dimana satu router akan mencoba mendapatkan semua informasi routing dan menganalisa kejadian routing secara real-time kepada para penyedia jaringan yang berpartisipasi dalam IXP.

IXP sangat penting dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas jaringan internet. Dengan adanya IXP, trafik yang berpindah dari satu jaringan ke jaringan lain berpotensi bergantung pada jaringan perantara atau penyedia transit untuk membawa lalu lintas dari sumber ke tujuan. Namun, mengandalkan layanan ini untuk membawa lalu lintas lokal dapat merugikan kinerja karena dapat menyebabkan hal yang dikenal sebagai tromboning. Dalam kasus terburuk, lalu lintas dari satu kota yang ditujukan ke ISP lain di kota yang sama dapat menempuh jarak yang sangat jauh untuk ditukar dan kemudian kembali lagi.

Selain itu, layanan seperti CDN memiliki keuntungan besar dengan adanya IXP ini dalam mengoptimalkan jalur yang dilalui aliran data di dalam jaringannya, mengurangi jalur yang tidak efisien. Oleh karena itu, IXP sangat penting

Berikut ini Daftar IXP di Indonesia:

  1. IIX-JAKARTA, Gedung Cyber 1 Lantai 6 Jl. Kuningan Barat Raya No. 8, RT.1/RW.3, Kuningan Barat, Kec. Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12710
  2. IIX-JATIM, Intiland Tower lantai 11, Jalan Panglima Sudirman 101 - 103, Surabaya, Jawa Timur.
  3. IIX-JATENG, Jalan Jangli dalam 29 J, Semarang, Jawa Tengah
  4. IIX-JABAR, Gedung Wisma Bumiputera, Lantai 8 Suite #806C Jl. Asia Afrika No. 141-149, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40112.
  5. IIX-JOGJA, Jalan Cik Di Tiro No. 1 Yogyakarta 55223
  6. IIX-BANTEN, Jalan Trip Jamaksari, Ruko Inti A7, Cinanggung, Serang - Banten
  7. IIX-BALI, Gedung NIX Kemkominfo lantai 2 Jalan Gatot Subroto Barat No. 333, Denpasar - Bali.
  8. IIX-LAMPUNG, Jalan Ridwan Rais No. 2A Tanjung Baru - Kedamaian, Bandar Lampung 35122.
  9. IIX-SUMSEL, Jalan Swadaya No. 84, Talang Aman, Kemuning, Palembang, Sumatera Selatan 30164.
  10. IIX-JAMBI, Jl. Prof. DR. Moh. Yamin No.78, Lb. Bandung, Kec. Jelutung, Kota Jambi.
  11. IIX-RIAU, Jl. Nuri No. 21, Kampung Melayu, Kec. Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau
  12. IIX-SUMUT, Jalan Brigjen Katamso No. 335A, Medan - Sumatera Utara.
  13. IIX-KEPRI, Gedung Utama Politeknik Negeri Batam Lantai Dasar Sayap Kiri Batam Center.
  14. IIX-SULAMPUA, Gedung Graha Pena lantai 3 Kav. 301 C-D, Jalan Urip Sumoharjo No. 20, Makassar 90232.
  15. IIX-KALTIM, Gedung Bank BRI Lt.5 Jl. Jenderal Sudirman No. 40, Klandasan Ulu, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76112.

(Sumber Gmbar: iix.net.id, diakses 1 April 2023.)