Widget HTML Atas

chatbot AI berbasis FAQ

Sebuah Robot Chat (Chatbot) atau robot percakapan saat ini banyak digunakan oleh organisasi sebagai pengganti layanan manusia.

freepik

Tetapi, Kebanyakan masih menggunakan model konvensional yaitu menjawab tanya jawab secara terpandu seperti kebanyakan layanan pesan pada operator telco. salah satu kekurangannya untuk dapat menjawab pertanyaan inti dari konsumen perlu tahapan yang panjang.


Sedangkan beberapa organisasi mulai memanfaatkan teknologi AI tetapi menggunakan model Generative, yaitu sebuah model yang dibangun dengan tujuan robot cerdas dimana dapat memberikan kesan alamiah seperti respon manusia tetapi model ini ternyata sangat sulit diterapkan untuk penggunaan aplikasi bisnis pada saat ini karena pemodelan ini membutuhkan investasi waktu yang banyak dan contoh jutaan dari histori percakapan.


Kunci dari kesuksesan sebuah mesin chatbot dalam interkasi dengan manusia adalah teknik untuk memahami pertanyaan dan memberikan formulasi jawaban yang tepat dari pertanyaan tersebut. Teknik yang digunakan adalah memanfaatkan AI dengan proses bahasa alami (NLP). Saat membangun Chatbot berbasis AI maka diperlukan jumlah besar knowledge-based atau FAQ, semakin kompleks NLP maka semakin pintar chatbot tsb.


Pelanggan biasanya memiliki urutan dasar pertanyaan untuk dijawab, kita dapat menyediakan platform interaktif dimana membantu untuk menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut.

chatbot model Retrieval-based

Salah satu Model yang digunakan adalah Retrieval-based yang lebih mudah untuk dibangun dan lebih reliable, meskipun tidak dapat diharapkan 100% akurat dalam merespon pertanyaan pelanggan. Salah satu teknik mengurangi kesalahan chatbot dalam merespon pertanyaan pelanggan adalah mencegah robot menjawab setiap pertanyaan yang tidak layak direspon.


Dalam penggunaan di dunia bisnis, model retrieval-based paling cocok digunakan. Hal ini karena mengidentifikasi konteks dari pesan dan mencari jawaban yang paling relevan untuk dikirimkan ke pelanggan dari predefined knowledge-based.


Semoga bermanfaat...


Iklan Layanan kepada Masyarakat