Widget HTML Atas

Ads

279 juta data penduduk Indonesia bocor

Beberapa hari terakhir ini, kita dihebohkan oleh berita bobolnya 279 juta data penduduk Indonesia dari beberapa media mainstream di tanah air. Informasi tersebut diperoleh dari sebuah situs forum online "Raids Forum" yang disampaikan oleh user bernama "Kotz". Untuk membuktikan ucapannya, Kotz memberikan sample berisi 1 juta data yang dapat diunduh di 3 lokasi yang dia berikan. Benarkan data itu? begitulah yang ada dibenak masyarakat Indonesia...

Saya mencoba mencari dokumen tersebut di Internet, karena 3 link yang diberikan oleh kotz yang ditulis di berbagai media sudah diblokir oleh kementrian kominfo, maka saya menggunakan akses melalui VPN dan mencari di Raids Forum yang dimaksud. Tidak lama mencari, saya menemukan link dengan berkas bernama: "1M Indonesia Data BPJS.rar" yang berisi sample 1 juta record data. berkas tersebut sebesar 39,4MB.

Lalu, apa isi file tersebut?, saya juga kepo.. :-D. Setelah diekstrak, maka terdapat sebuah berkas CSV dengan ukuran 241MB. WoW..

Kemudian file tsb saya buka dengan aplikasi Spreadsheet.. maka terlihat,

  1. 30 kolom dan 1.000.001 baris.
  2. Nama Lengkap, Nama Tertulis di Kartu.
  3. No. HP, Alamat Email
  4. Kota TTL
  5. No. NIK dan KK.
  6. dll

 Apakah benar ini data BPJS Kesehatan dan sample datanya Valid. Perlu dicek dengan database di Kementrian Dalam Negeri terkait Nama Lengkap dan NIK. Jika semua data benar bisa jadi data sample ini benar. Apakah milik BPJS Kesehatan?, Perlu  dicek lagi. Nama Lengkap yang tertulis apakah sesuai dengan Kode pada beberapa Kolom pada data tsb?.


Iklan Layanan kepada Masyarakat