Widget HTML Atas

Iklan Layanan kepada Masyarakat

Badan Siber dan Sandi Negara

Content Delivery Network

Content Delivery Network (CDN) adalah sekumpulan server yang diletakkan di berbagai belahan dunia yang berfungsi untuk memberikan akses lebih cepat kepada pengunjung website dibanding dengan mengakses content dari server yang sama.

Ada 5 (lima) alasan mengapa perlu menggunakan CDN:
1.) Kinerja
Manfaat yang paling jelas dari CDN adalah kecepatan yang lebih besar. Karena permintaan konten diarahkan pada data cache server terdekat atau paling optimal, CDN selalu mengirimkan data dari server terdekat (atau paling tepat waktu) ke pengguna. Hal ini akan mengurangi latency dan packet loss, memungkinkan untuk beberapa kali beban lebih cepat serta meningkatkan kualitas seperti streaming - yang umumnya menghasilkan tampilan halaman lebih.

2.) Keandalan
Dengan konten  disampaikan melalui CDN, semua aset  didistribusikan secara dinamis di beberapa server, sehingga pemadaman di satu wilayah atau masalah dengan node hardware tunggal tidak akan menyabotase seluruh sistem. Bahkan jika  dihadapkan dengan serangan DoS, infrastruktur didistribusikan dapat menetralisir dampak dan menjaga ketersediaan pada 100%.

3.) Skalabilitas
Seiring dengan peningkatan konten popularitas,  perlu mempersiapkan untuk lonjakan tak terelakkan dalam lalu lintas data. Sekali lagi, yang memungkinkan data akan didistribusikan di seluruh CDN membuat skalabilitas terpenuhi. Memberikan konten dalam jumlah yang lebih besar dari server untuk hasil pengiriman kapasitas jaringan backbone yang lebih besar, sehingga lebih mudah untuk menangani lonjakan tak terduga di pengguna baru.

4.) Penghematan Biaya
Tentu saja, keuntungan lain dari memiliki lebih server adalah bahwa beban yang dikenakan pada masing-masing berkurang. Selain itu, menerapkan CDN mengurangi beban pada jaringan backbone dengan offloading lalu lintas ke server terdekat. Jadi, sementara jelas harus ada faktor biaya CDN ke dalam anggaran, itu mungkin jauh lebih rendah daripada biaya penambahan hardware baru - yang  tidak lagi harus untuk mengelola pengiriman konten.

5.) Tingkatan Search
Jika empat manfaat sebelumnya tidak memberikan alasan yang cukup untuk meningkatkan situs  dengan CDN, silakan pertimbangkan bonus tambahan ini: Google dan mesin pencari utama lainnya halaman load factor waktu ke formula peringkat mereka. Dengan meningkatkan beban halaman  dan men-download kecepatan,  akan meningkatkan posisi  dalam hasil pencarian dan mengarahkan lalu lintas tambahan ke situs .


Berikut ini adalah daftar perusahaan CDN yang sebagian besar mungkin belum pernah kita dengar.
Iklan Layanan Masyarakat
Hentikan Penyebaran virus corona
Sumber: https://covid19.kemkes.go.id/wp-content/uploads/2020/03/Aman-di-rumah.gif