Widget HTML Atas

Iklan Layanan kepada Masyarakat

Badan Siber dan Sandi Negara

Komputer di Tempat Kerja, Sekolah dan Rumah (2)

10. Teknologi dan Kualitas pekerjaan
Bagi banyak pekerja, komputer telah menyebabkan masalah: Stres, depersonalisasi, Kelelahan, Kebosanan dan Masalah kesehatan.

11. Penurunan dan Peningkatan Ketrampilan
Pekerjaan serba otomatis dapat menurunkan ketrampilan atau dibutuhkan merubah sedikit ketrampilan. Seperti mengganti tombol pada mesin cash register dengan gambar. Pekerjaan Otomatis mungkin juga dapat meningkatkan ketrampilan, seperti beberapa pekerja administrasi yang sebelumnya pekerjaan itu hanya bisa dilakukan oleh para profesional bergaji tinggi dan teknisi. Beberapa Peningkatan ketrampilan tercermin dari Gaji yang diperoleh.

12. Pemantauan dan Pengawasan
Pemantauan komputer: menggunakan teknologi komputer untuk melacak, merekam, dan mengevaluasi kinerja pekerja. Kadang-kadang dilakukan tanpa pengetahuan pekerja. Pemantauan memiliki beberapa masalah, seperti: Privasi, moral, mendevaluasi keterampilan, dan penurunan kualitas. Jutaan pekerja dipantau oleh komputer.

13. Elektronik Sweatshops
Pekerja dibayar upah minimum untuk melakukan kegiatan didepan komputer, Banyak mengalami gangguan kesehatan, Banyak sweatshop terletak di negara-negara dengan hukum tenaga kerja lemah dan skala upah rendah.

14. Otomatisasi, Globalisasi, dan Outsourcing.
Banyak analis memperkirakan bahwa otomatisasi akan menyebabkan pengangguran besar-besaran dan bencana ekonomi. Lainnya mengatakan bahwa komputer akan menghasilkan lapangan kerja baru yang tak terhitung jumlahnya. Hari ini, kebanyakan orang terbiasa melihat komputer di mana mereka bekerja. Otomatisasi pekerjaan masih merupakan masalah penting bagi jutaan pekerja yang pekerjaannya terancam oleh mesin.

15. Pekerja Vs. Mesin
Otomatisasi telah mengancam pekerja sejak hari-hari awal revolusi industri. Pada abad ke-19, Luddites menghancurkan mesin tekstil takut mesin akan mengambil pekerjaan mereka. Setiap tahun membawa terobosan yang memungkinkan robot dan komputer untuk melakukan pekerjaan yang sebelumnya dilakukan oleh manusia. Otomatisasi telah menghilangkan pekerjaan layanan juga. Karena otomatisasi, tidak terampil, pekerja tak berpendidikan mungkin menghadapi pekerjaan dengan upah minimum seumur hidup.

16. Pekerja Seluruh Dunia
Pabrik telah ditutup dan pekerjaan pindah ke negara-negara dengan tenaga kerja lebih murah, Globalisasi: penciptaan bisnis dan pasar di seluruh dunia.

17. Kita akan membutuhkan Ekonomi Baru?
Sangat mungkin bahwa pada beberapa waktu di masa depan, mesin akan dapat melakukan sebagian besar pekerjaan orang lakukan hari ini. Kita mungkin menghadapi masa depan dengan pertumbuhan pengangguran - saat hanya otomatisasi menciptakan peningkatan produktivitas yang memadai, dan tidak ada pekerjaan baru diciptakan. Jika kita dapat menghasilkan kebutuhan semua masyarakat tanpa kerja penuh, kita harus mengajukan pertanyaan sulit tentang sistem politik, ekonomi, dan sosial.

Referensi:
Tomorrow, Technology and You, 10th Edition, Ch11.

Iklan Layanan Masyarakat
Hentikan Penyebaran virus corona
Sumber: https://covid19.kemkes.go.id/wp-content/uploads/2020/03/Aman-di-rumah.gif