Widget HTML Atas

Iklan Layanan Masyarakat

Komputer di Tempat Kerja, Sekolah dan Rumah (1)

1. Dimana Komputer Bekerja
Saat ini banyak jenis pekerjaan yang telah diubah oleh teknologi digital, seperti: Media Hiburan, Media Penerbitan, Media PengObatan, Maskapai dan KeIlmuan.

2. Otomasi Pabrik
Robot: digunakan untuk melakukan tugas manual spesifik seperti Pengecatan, pengelasan, dan pekerjaan perakitan yang berulang-ulang. Komputer mampu melacak persediaan, waktu pengiriman bagian, mengontrol kualitas produksi, memonitor keausan pada mesin, dan jadwal pemeliharaan. Otomasi mengurangi waktu menganggur dari material dan mesin diam dan mengurangi limbah pada fasilitas, bahan baku, dan tenaga kerja.

3. Otomasi Perkantoran
Dengan menurunnya pekerjaan pabrik, pekerjaan kantor memainkan peran yang lebih penting dalam perekonomian kita dengan adanya model kantor modern, seperti pabrik-pabrik modern yang telah diubah oleh teknologi digital.

4. Evolusi Otomasi Kantor
Awalnya, Sistem komputer yang lebih cepat dan lebih akurat dibandingkan dengan sistem manual mereka diganti. Mesin dan teknisi diisolasi dari organisasi mereka. Manajer mengakui kekuatan PC; pekerjaan bermigrasi dari mainframe ke desktop. Orang menggunakan PC untuk melakukan hal-hal yang mainframe tidak diprogram untuk melakukan, seperti pengolah kata, spreadsheet, dan aplikasi lainnya.

5. Komputasi Enterprise
Tantangan adalah untuk mengintegrasikan semua jenis perangkat digital, Total biaya kepemilikan (TCO) dari PC berkali-kali biaya hardware dan software. Pelatihan, dukungan, perawatan, dan biaya troubleshooting beberapa ribu dolar per tahun per PC.
Thin client: penerbangan murah, pengganti rendah pemeliharaan.
Virtualisasi desktop: memisahkan perangkat lunak dan data dari hardware PC.

6. Komputasi Workgroup
Groupware: memungkinkan kelompok pengguna untuk berbagi kalender, mengirim pesan, mengakses data, dan bekerja pada dokumen secara bersamaan. Banyak aplikasi fokus pada alur kerja, Intranet perusahaan dipasang, Perusahaan bisa membuka intranet mereka untuk mitra strategis dan pelanggan, menciptakan extranet. Sistem workgroup telah mengubah cara bisnis beroperasi.

7. Kantor Tanpa Kertas
Kantor masa depan di mana orang akan membaca layar komputer dan tidak dokumen kertas. Arsip Magnetik dan optik akan menggantikan buku referensi dan lemari arsip. Komunikasi elektronik akan menggantikan surat dan memo. Publikasi web akan menggantikan surat kabar dan majalah lainnya. HTML, XML, PDF memudahkan dokumen yang akan dikirimkan tanpa kehilangan format.

8. Perdagangan Elektronik
Perdagangan elektronik (e-commerce), menjual produk melalui internet termasuk: Pemasaran, penjualan, dukungan, layanan pelanggan, dan komunikasi dengan mitra bisnis. Bisnis web berbasis teknologi Web 2.0, banyak menawarkan layanan gratis dibiayai oleh iklan. Akun Transaksi Bisnis-to-bisnis (B2B) untuk penjualan online labih banyak daripada transaksi bisnis to-consumer (B2C).

9. Cottage Elektronik
Adanya Teknologi Telekomunikasi memungkinkan pekerja untuk bekerja dari rumah. Telecommunting oleh koneksi nirkabel atau broadband dapat menggantikan waktu komuter dengan mobil. Ribuan perusahaan menawarkan pengaturan kerja berbasis rumah bagi jutaan karyawan. Jumlah telekomuter akan meningkat pesat. Argumen pentingnya telekomuter adalah Mengurangi jumlah penumpang mobil, menghemat waktu, Memungkinkan untuk jadwal lebih fleksibel, Dapat meningkatkan produktivitas dan Mengurangi hambatan geografi.

Referensi:
Tomorrow, Technology and You, 10th Edition, Ch11.


Iklan Layanan Masyarakat
Hentikan Penyebaran virus corona
Sumber: https://covid19.kemkes.go.id/wp-content/uploads/2020/03/Aman-di-rumah.gif